Submit a review

Kesehatan psychological keluarga dengan anak-anak cacat: 10 hal yang membuat perbedaan

Ada banyak informasi dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang masalah kesehatan psychological dan untuk mengurangi stigma yang sering menyertai mereka.

Bagaimana dengan kesehatan psychological keluarga dengan anak cacat?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan psychological didefinisikan sebagai "keadaan kesejahteraan di mana setiap individu menyadari potensi mereka sendiri, dapat mengatasi tekanan kehidupan yang regular, dapat bekerja dengan cara produktif dan sukses, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Kesehatan psychological Anda dipengaruhi oleh banyak faktor dalam kehidupan sehari-hari Anda, termasuk stres karena menyeimbangkan pekerjaan dan kesehatan serta hubungan Anda. " (Asosiasi Kesehatan Psychological Kanada)

Sementara sebagian besar orang tua akan mengatakan bahwa anak mereka telah membawa kegembiraan yang besar dalam hidup mereka, bukan rahasia lagi bahwa tanggung jawab memiliki anak cacat jauh melebihi tekanan regular kehidupan sehari-hari .

Selama bertahun-tahun, saya mendapat kehormatan berbicara dengan banyak orang tua. Ketertinggalan, kelelahan, keterasingan, ketakutan, cemas, khawatir, sedih, stres, kesal, marah, frustrasi, lelah, melemah dan hancur adalah beberapa emosi yang dikatakan orang tua mereka alami setiap hari.

Ada beberapa pilihan yang memberikan istirahat sejenak bagi keluarga, seperti program bantuan di rumah dan istirahat, tetapi pendanaan untuk program-program ini relatif minimal dibandingkan dengan jumlah jam yang orang tua sediakan untuk merawat anak mereka. .

Kurang tidur, sering mengunjungi dokter atau rumah sakit, karier yang terputus, hubungan yang tegang, persahabatan yang putus, dan tekanan keuangan adalah contoh dari stres yang konstan dan permanen daripada sebuah keluarga menderita.

Belum lagi hambatan perilaku yang dihadapi keluarga di sekolah, di taman bermain, di rumah sakit, di restoran, di tim olahraga dan daftar berjalan.

Selain itu, orang tua tidak yakin bagaimana cara meminta bantuan. Dalam bukunya, Berani, Brené Brown menyatakan bahwa "menjalankannya sendiri adalah nilai yang kami junjung tinggi dalam budaya kami". Dia juga menyatakan bahwa "untuk alasan apa pun, kami menghargai menerima bantuan". Saya tahu suami saya dan saya enggan menerima bantuan ketika pada awalnya ditawarkan, namun, kalau dipikir-pikir, sama sekali tidak ada cara yang bisa kami lakukan tanpa dukungan dari keluarga kami, teman-teman dan bantuan yang didanai.

Kami menyadari efek destruktif pada kesehatan kita dari kurang tidur, stres kronis dan gangguan stres traumatis sekunder sehubungan dengan pekerja shift dan pengasuh profesional, tetapi kita tidak pernah mendengar tentang efeknya menghancurkan keluarga yang memiliki anak dengan anak. ketidakabsahan.

The Mayo Clinic menjelaskan bahwa efek jangka panjang dari stres kronis dapat mengganggu hampir setiap proses dalam tubuh Anda. Ini meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan, termasuk kecemasan, depresi, masalah pencernaan, sakit kepala, penyakit jantung, masalah tidur, penambahan berat badan dan memori, dan gangguan. konsentrasi.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan psychological keluarga dengan anak cacat?

Ada banyak saran untuk keluarga seperti berolahraga, bergabung dengan kelompok pendukung, meluangkan waktu untuk diri sendiri, mengakui bahwa Anda tidak sendirian, belajar lebih banyak tentang kecacatan, meminta nasihat. , dll., tetapi tidak banyak tentang bagaimana orang lain dapat mengambil tindakan.

Saya ingat ketika direktur taman kanak-kanak Eric menyatakan keprihatinan kepada saya ketika dia sakit dan tidak bisa datang. Dia menyadari bahwa stafnya dapat saling membantu pada hari-hari ketika dia di sekolah, tetapi dia menyadari betapa sulitnya bagi saya ketika saya masih di sekolah. di rumah Dia menulis surat ke kantor pemerintah daerah kami meminta agar dana untuk dukungan sekolahnya fleksibel sehingga jika dia terlalu sakit untuk hadir, anggota staf bisa datang kepada kami dan membantu saya. Itu disetujui dan itu sangat membantu saya dan juga kesehatan psychological saya.

Di lain waktu, seorang perawat yang datang ke rumah kami sekali seminggu mengambil kesempatan dan menghubungi seorang penggalangan dana lokal dan menyatakan bahwa dia sangat khawatir tentang kami dan bahwa kami harus memiliki lebih banyak. bantu di rumah kita. Dengan melakukan itu, dia menempatkan pekerjaannya sendiri dalam risiko, tetapi dia merasa lebih penting untuk mengungkapkan kepeduliannya terhadap kesehatan psychological kita.

Butuh waktu lama bagi pemerintah dan sistem layanan manusia untuk berubah. Bahkan, keluarga mengatakan bahwa dengan sistem inilah yang paling banyak menyebabkan stres.

Inilah 10 hal yang dapat Anda lakukan:

  • Temukan cara untuk benar-benar memahami perspektif keluarga

  • Berkomunikasi dengan cara yang ramah dan bersahabat

  • Singkirkan prasangka Anda sendiri dan bertindak tanpa menghakimi

  • Berpikir berbeda, di luar establishment

  • Ambil tindakan dan coba sesuatu yang baru

  • Tempatkan keluarga di atas peraturan dan ketentuan

  • Pastikan keluarga adalah prioritas dalam pembuatan kebijakan

  • Masukkan keluarga sebagai mitra sejajar dalam pengambilan keputusan dan pengembangan program

  • Beristirahatlah ketika Anda lelah atau tidak merasa terpengaruh

  • Jadilah yang tulus, otentik, nyata, dan otentik

Ini adalah hal-hal kecil yang berguna dan Anda dapat membuat perbedaan.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Content Marketing
Logo
Reset Password